by

Walau Dirundung Pandemi Covid-19, Kota Depok Berhasil Raih Penghargaan Dari BPS

-Depok, Pemkot-60 views

CITRADEPOK.COM | Depok – Pemkot Depok di tengah pandemi Covid-19 harus berbangga karena telah berhasil meraih prestasi.
Prestasi tersebut adalah berhasilnya meraih penghargaan atas tercapainya response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020.
Wali Kota Depok menerima secara langsung penghargaan dari Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Mufti Swaghara bertempat di Balai Kota Depok (18/09).
Penghargaan ini dapat diraih tentunya karena adanya partisipasi dari warga Depok karena telah melakukan pengisian data kependudukan atau sensus secara online.
“Kota Depok berhasil meraih 107,14 persen dari target nasional sebesar 23 persen,” ungkap Idris.
Bila diakumulasikan maka nilai tersebut sama dengan 556.399 jiwa warga Depok yang telah mengisi SOP dengan data yang sesuai dengan yang tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
Dengan diraihnya penghargaan ini maka Kota Depok menduduki posisi kedua dari kabupaten/kota se-Jawa Barat (Jabar) setelah Kabupaten Sukabumi.
Sidik Mulyono selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengapresiasi seluruh masyarakat Depok yang telah berperan serta dalam pelaksanaan sensus online ini. Hal ini membuktikan bahwa warga Depok sudah mampu beradaptasi dengan dunia digital serta menganggap sensus penduduk merupakan hal penting yang harus dilakukan.
Seperti yang telah dipahami bahwa sensus penduduk penting untuk dilakukan karena demi untuk keperluan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang.
Mufti menambahkan bahwa pihak BPS merasa sangat terbantu dengan usaha Pemkot Depok yang tidak lelah mengimbau kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi SOP hingga ke tingkat RT-RW.
Saat ini juga sedang dilaksanakan SOP tahap kedua yang merupakan tahapan verifikasi terhadap data yang dikumpulkan pada sensus tahap pertama. Sensus tahap kedua akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 30 September 2020 secara door to door.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *