by

Inspirasi Siswa, SMPN 2 Hadirkan Petani Sukses Dari Philadelphia USA

CITRADEPOK.COM | Guna memberikan inspirasi pilihan masa depan kepada para siswanya, UPTD SMPN 2 Depok mendatangkan seorang petani sukses dari Philadelphia, Amerika Serikat dalam kegiatan kelas inspirasi, di Aula SMPN 2 Depok, Rabu (19/6/19).

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriyatna menyambut baik kegiatan kelas inspirasi SMPN 2 Depok, pasalnya sudah waktunya tokoh hebat dari berbagai disiplin ilmu, dihadirkan ke sekolah. “Sudah waktunya para tokoh sukses dihadirkan ke sekolah, bisa saja mulai dari tehnik sipil, pertanian, budayawan, TNI, Polri, Wali Kota, Wakil Wali Kota dan birokrat. Ini agar terinspirasi di kepala mereka, terekam bahwa nanti akan jadi bagaimana mereka di masa depan”, tukasnya.

Anak usia SMP menurut Pradi masih labil, sehingga perlu pola inspirasi dari orang yang langsung punya kemampuan sebagai nara sumber.” Seperti hari ini, petani dari Amerika yang berhasil memanfaatkan pekarangan dan sebagainya, menjadi nilai ekomomis yang sangat luar biasa. Bisa bertani pada 4 musim. Saya berharap bisa dilakukan disemua sekolah”, paparnya.

Wakil Wali Kota mengungkapkan, melalui kelas inspirasi tersebut, anak anak jadi termotivasi, mengetahui proses hidup dan bagaimana caranya jadi orang sukses.

Proses menuju sukses bagi Pradi sangat penting, pasalnya pembentukannya tidak bisa di lakukan apa adaya, harus lewat proses mulai dari usia dini. “Keahlian sangat penting untuk manifes, Pikirkan dari sekarang kita akan jadi apa. Orang yang berani adalah orang yang akan sukses ke depan”, tutupnya.

Kepala UPTD SMPN 2 Purnomo memaparkan, kali ini memghadirkan petani sukses dari Philadelphia guna menginspirasi para siswanya. bahwa orang yang sukses bukan hanya karena teks book tapi dari otodidak. ” Kebetukan hari ini kita datangkan Syarif, dia alumni SMPN 2 tahun 1986, sukses di Amerika bukan karena kompetensi akademik”, ujarnya.

Dia mengungkapkan, dulu Syarif aktif organisai, lalu ikut pertukeran pelajar SMA ke Jepang lewat seni bukan pertanian. Setelah ke Amerika, ketemu bakat terpendamnya bidang pertanian, dia kembangkan dan hasilnya bisa inspirasi warga Philadelpia. “Kelas inspirasi ini hasilnya bukan profit, intinya bisa sebarkan bagaimana kita datangkan orang sukses, yang tidak sekedar sukses akademis tapi otodidak. Sebab prisipnya pada diri manusia ada berbagai multi dimensi, asal semua di niatkan dengan tulus ikhlas dan di tekuni dengan proses, Insya Allah pada titik tertentu akan jadi skill, keistimewaan dia”, unggahnya.

Purnomo menyampaikan, SMPN 2 Depok sering di adakan kelas inspirasi, nara sumber tidak terbatas hanya alumni. ” Seperti pak wakil minta, tolong datangkan inspirator – inspirator dari berbagai disiplin ilmu, karena anak anak itu sedang menyongsong masa depannya, biar mimpi ke depannya ada alterntif alternatif pilihan dan anak anak jangan sekedar belajar pengetahuan , cerdaskan sosialnya, skillnya, spiritualnya juga sekalian”, terangnya.

Kelas Inspirasi SMPN 2 Depok kali ini di isi oleh Syarif Syaifullah, Petani teladan dari philadelpia USA, alumni SMPN 2 Depok tahun 1986, dengan tema “menumbuhkan kreatifitas dan karakter mandiri untuk memotivasi pengembangan diri siswa di masa depan”.

Bagi Syarif kegagalan memang bukan akhir dari perjuangan, sehingga memacu syarif kerja keras dan berhasil menemukan konsep bertani organik di 4 musim, setahun tekuni metode yang dia kembangkan sendiri. Lebih dari 40 jenis tanaman pertanian akhirnya berhasil tumbuh . Sayur-sayuran adalah jenis tanaman yang umumnya dia kembangkan.

Berkat ketekunannya, Syarif mendapat apresiasi dari sejumlah perusahaan setempat. Tahun lalu diberi mandat oleh perusahaan minyak Amerika Ever Green Energy, untuk mengolah lahan 400 m2, agar tanah yang kurang subur itu, bisa di tumbuhi sayuran organik.

Syarif di kenal sebagai bapak tani di Amerika, kini bolak balik Indonesia – Amerika sebagai undangan menjadi nara sumber dari metode bertani organik di tanah kurang subur dengan kondisi 4 musim. (iki)

loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed